Air Bersih untuk Masyarakat Bangkalan


    67 kali

LAZ Sidogiri memberikan bantuan air bersih, untuk masyarakat di 10 kecamatan sekabupaten Bangkalan Jawa Timur. Air bersih didistribusikan dengan jumlah bervariasi, antara 1 sampai 3 tangki perkecamatan. Dengan total keseluruhan 32 tangki air bersih.

 

Air bersih tersebut dikirim secara bergilir ke 9 kecamatan dengan rincian kecamatan Sepulu (3 tangki), kecamatan Klampis (2 tangki), kecamatan Galis (2 tangki), kecamatan Blega (3 tangki), kecamatan Konang (5 tangki), kecamatan Modung Pakong (3 tangki), kecamatan Kokop (3 tangki), kecamatan Kwanyar (3 tangki), kecamatan Geger (3 tangki), dan kecamatan Tanah merah (3 tangki).

 

M. Ali Gahafir selaku Kepala LAZ Sidogiri Cabang Bangkalan menuturkan, saat ini masyarakat Bangkalan di beberapa wilayah sangat membutuhkan bantuan air bersih. "Musim kemarau berkepanjangan serta minimnya sumber air tanah di Bangkalan, menjadi faktor utama krisis air bersih di daerahnya," jelasnya.

 

Hampir setengah tahun sudah, lanjut Ali Ghafir, hujan tidak kunjung turun di Bangkalan. Dalam kondisi normal, biasanya sekitar akhir bulan Agustus hingga masuk Bulan september sudah memasuki musim hujan. Tahun ini bahkan sudah masuk Bulan Oktober namun hujan tak kunjung turun. “Tahun ini kemaraunya cukup lama, bahkan kondisi ladang di beberapa wilayah sini tidak lagi dapat ditanami’, tutur Ali Ghafir.

 

Masyarakat sangat bersyukur dengan adanya bantuan air bersih dari LAZ Sidogiri, selama ini kebanyakan dari mereka bergantung kepada air minum kemasan. “Air ini kan kebutuhan pasti pak, ya meski harganya tidak mahal kalau beli berkali-kali jadi banyak juga biayanya,” ujar An shori salah satu warga kecamatan sepulu bangkalan yang turut menerima bantuan air bersih.

 

Di tempat terpisah Ahmad Jamali S.E.I, Program Support LAZ Sidogiri Pusat menyatakan, bantuan air bersih merupakan salah satu sub Program LAZ Sidogiri Peduli Lingkungan. LAZ Sidogiri sebagai lembaga pemberdayaan masyarakat, turut aktif membantu meringankan beban kebutuhan masyarakat yang sedang dilanda kemarau panjang, termasuk di Bangkalan madura.

 

==
SP/Ahmad Fauzi


Komentar

Tulisan Terbaru

Penerimaan Santri dan Anak Asuh LAZ Sidogiri Periiode 2018-2019

Bahagiakan 10.000 Anak Yatim & Dhuafa Di Bulan Muharram 1440 H

Yayasan Nurul Huda Salurkan Bantuan via LAZ Sidogiri

Bantuan untuk Renovasi Masjid Terdampak Gempa Lombok

Cinta Suci dalam Keluarga

Bantuan Kelanjutan Korban Bencana Alam Palu-Sigi-Donggala.

LAZ Sidogiri Peduli Korban Gempa Tiba Di Lombok

Bakti Sosial Dalam Rangka HUT RI KE 73

Benah 5 Rumah Tidak Layak Huni Warga Desa Binaan

Mushalla Wakaf untuk Warga Tambaksari